Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bilangan Prima dan Contohnya 1 - 100

Pengertian Bilangan Prima dan Contohnya 1 - 100. Bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari 1, dan hanya dapat dibagi oleh dua bilangan yang berbeda yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Contoh: 2 dapat dibagi oleh bilangan 1 dan 2 saja. Jadi, bilangan 2 termasuk kedalam bilangan prima.

Contoh lain, bilangan 4. Coba 4 ini kita bagi kedalam bilangan-bilangan yang lain. Dapat kita temukan bahwasanya 4 ini dapat dibagi oleh bilangan 1, 2, dan 4. Nah, berarti bilangan 4 ini tidak termasuk dalam bilangan prima karena dapat dibagi oleh bilangan selain 1 dan 4, yaitu 2.

Jika suatu bilangan itu lebih besar dari 1, dan bukan termasuk bilangan prima, maka bilangan tersebut disebut dengan bilangan komposit.

Angka 1 bukan termasuk bilangan prima. Mengapa?  Karena angka 1 tidak dapat dibagi dengan angka lain selain angka itu sendiri (1 = 1 × 1). Merujuk pada pengertian diatas, suatu bilangan dapat dikatakan bilangan prima jika dapat dibagi oleh dua bilangan yang berbeda.

Untuk lebih memahami tentang bilangan prima, berikut kami berikan contoh bilangan prima antara 1 sampai dengan 100.

Contoh Bilangan Prima 1 - 100

Contoh bilangan yang lain dapat anda temukan sendiri sebagai bahan latihan. Sekian Pengertian Bilangan Prima dan Contohnya 1 - 100 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.