Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TUTORIAL TEMAN SEBAYA

Jika anda seorang pengajar pasti pernah merasakan seperti apa yang saya rasakan. Yaitu, ketika menyampaikan pelajaran, anak-anak didik kita sulit menangkap materi yang kita sampaikan. Pengalaman ini sering sekali saya rasakan, apalagi saya mengajar mata pelajaran matematika yang merupakan momok bagi siswa. Ya maklum, sekolah tempat saya mengajar ini rata-rata anak didiknya mempunyai SDM yang masih dibawah rata-rata. Walaupun begitu, semangat belajar mereka sangat tinggi.

Hal ini cukup menguras otak saya. Tiap hari saya memutar otak, strategi apa ya kira-kira yang bisa tepat sasaran. Akhirnya dari berbagai pengalaman, saya menerapkan cara tutorial teman sebaya. Dengan cara ini, Alhamdulillah anak-anak lebih mudah lagi dalam mengerjakan soal-soal.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menerapkan tutorial teman sebaya:
  1. pilah-pilah dulu antara anak yang pandai, sedang dan kurang.
  2. setelah anda memberikan materi, berikanlah latihan soal. Untuk soal bisa semuanya sama, bisa juga dibedakan menurut kemampuan.
  3. setelah anak selesai mengerjakan soal, cek pekerjaan untuk anak yang pandai. Jika mereka telah paham, arahkan anak tersebut untuk membantu teman lain yang kemampuannya sedang atau kurang. Perlu diperhatikan, jangan sampai anak yang pandai ini langsung memberikan jawaban, tapi pandulah untuk memberikan cara mengerjakannya.
  4. tetap pantau kegiatan anak-anak. Jika mereka kesulitan anda perlu turun tangan untuk membantu.

Kelebihan dan kekurangan TUTORIAL TEMAN SEBAYA

Kelebihan: bahasa yang digunakan sesama teman sebaya akan lebih mereka pahami daripada bahasa antara orang dewasa dengan anak-anak. Sepintar apapun seorang guru jika penjelasannya tidak bisa dipahami anak-anak, apalah artinya.

Kekurangan: banyak waktu yang akan tersita. Namun bagi saya, pemahaman dari anak-anak jauh lebih berharga daripada materi tuntas namun anak tidak paham sama sekali. Nah, disini juga menuntut kita untuk lebih efektif dan efisien terhadap waktu.

Semoga bermanfaat