Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA

Alat pencernaan adalah organ tubuh yang berfungsi dalam proses pencernaan. Alat pencernaan pada manusia terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.

Saluran pencernaan terdiri atas:

1. Rongga mulut

Didalam rongga mulut ini terdapat:
a. Lidah
lidah berfungsi sebagai alat pengecap serta pengunyah dan pendorong makanan agar masuk ke kerongkongan.

b. Gigi
Bagian-bagian gigi ini ada 3 macam:
i. Gigi seri, letaknya didepan berfungsi untuk memotong makanan
ii. Gigi taring, letaknya disamping berfungsi untuk merobek makanan
iii. Gigi geraham, letaknya di belakang berfungsi untuk mengunyah makanan.

Pada mulut ini terdapat ludah yang dihasilkan oleh kelenjar ludah yang berada di bawah telinga. Ludah ini mengandung enzim ptyalin yang berfungsi mengubah zat tepung menjadi zat gula.

2. Kerongkongan

Kerongkongan ini merupakan saluran penghubung antara mulut dengan lambung. Kerongkongan ini dapat melakukan gerakan meremas-remas makanan agar makanan dapat terdorong masuk kedalam lambung. Gerakan meremas ini disebut dengan gerakan peristaltik.

3. Lambung

Didalam lambung ini makanan mengalami proses pencernaan. Lambung menghasilkan enzim-enzim sebagai berikut:
a. enzim pepsin yang berfungsi memecah protein
b. enzim renin yang berfungsi memecah protein susu
c. enzim  lipase yang berfungsi mencerna lemak

lambung juga menghasilkan asam klorida yang berfungsi untuk membunuh kuman.

4. Usus halus

Didalam usus halus terdapat usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum) dan usus halus (ileum). Didalam usus dua belas jari terdapat saluran yang berasal dari kantong empedu dan pancreas.

Empedu berfungsi untuk mencerna lemak. Pankreas menghasilkan enzim tripsin yang berfungsi untuk memecah protein menjadi asam amino dan enzim lipase yang berfungsi mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Hasil akhir dari pencernaan di usus halus ini berupa glukosa, galaktosa, fruktosa, asam lemak gliserol dan asam amino. Untuk vitamin dan mineral tidak dicerna.

Selanjutnya glukosa, galaktosa, fruktosa, gliserol, asam amino, vitamin dan mineral akan diserap oleh darah untuk diedarkan keseluruh tubuh.

Asam lemak diserap oleh getah bening, yang juga akan bermuara di pembuluh darah.

5. Usus besar

Usus besar ini kelanjutan dari usus halus. Sisa-sisa pencernaan dari usus halus akan ditampung oleh usus besar dan akan dibusukkan. Hasil pembusukan ini bisa berupa padat, cair dan gas. Yang berperan dalam pembusukan ini adalah bakteri koli (Eschersia Coli)

6. Anus

Bagian paling akhir dari system pencernaan adalah anus. Anus ini menampung sisa pencernaan dari usus halus. Hasil pembusukan yang padat akan dikeluarkan sebagai tinja, yang gas dikeluarkan sebagai kentut dan yang cair akan diserap oleh dan disaring oleh ginjal. Cairan yang sudah tidak berguna lagi akan dikeluarkan melalui saluran kemih dan hasil akhirnya berupa air seni.