Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Matematika itu Mudah


Anda sudah membaca judul diatas? Apa reaksi anda? Kaget, tidak percaya atau mungkin sangat setuju? Bagi anda yang setuju sih oke-oke saja, nah bagi yang kaget atau tidak percaya yuk kita sama-sama belajar mencintai matematika.

Mengapa saya menulis tentang mudahnya matematika? Tidak lain dan tidak bukan karena banyak sekali yang menjadikan matematika itu sebuah momok. Hal ini saya alami karena saya yang notabene seorang guru matematika, dan lebih banyak tau bagaimana reaksi anak didik saya ketika mendengar kata matematika.

Terus bagaimana cara menyukai matematika? Nah, ini ada beberapa tips dari saya
1. Hilangkan kesan matematika itu mengerikan. Disadari atau tidak, mungkin sejak didalam kandungan       kita sudah didoktrin bahwa matematika itu sulit. Jadi sebenarnya kita menganggap matematika sulit bukan dari dalam diri kita, melainkan lingkungan yang mencetak seperti itu.
2. Pahamilah bahwa setiap hari kita selalu berhubungan dengan matematika. Disadari atau tidak mulai kita   bangun tidur sampai tidur lagi matematika itu selalu nempel dalam hidup kita. Contoh mudahnya kita melihat jam, menghitung uang, menjumlahkan barang dll
3. Matematika itu ilmu pasti. Sejak jaman baheula sampai sekarang tidak ada yang berubah dari ilmu matematika. Sejak dulu sampai sekarang 2 + 2 = 4. Dan bila kita dihadapkan pada soal matematika jawabannya itu pasti dan tidak ada jawaban yang sifatnya mengambang atau sesuka pikiran kita.
4. Seringlah berlatih soal-soal. Bila anda seorang pelajar, perbanyaklah mengerjakan soal. Karena otak akan semakin terlatih dan secara tidak langsung rumus-rumus akan lebih mudah diingat.
5. Bertukar pendapatlah dengan sesama teman. Bila anda mengalami banyak kesulitan, sering-seringlah bertanya. Bila malu bertanya pada guru, bertanyalah pada teman yang mungkin akan lebih bisa anda pahami penjelasannya.
6. Buatlah matematika itu se menyenangkan mungkin. Bila anda punya minat pada kesenian, buatlah lagu-lagu tentang matematika. siapa tahu selain anda lebih pintar juga menghasilkan uang hehehee

Semoga bermanfaat